Realisasi CSR, Program Penyediaan Air untuk Warga Sekitar KIBA

  • Bagikan

BANTAENG – Kehadiran Huadi Bantaeng Industry Park (HBIP) dalam tata kelola yang berkaitan dengan eksternal tenant-tenant di KIBA kian terasa.

HBIP diketahui mengurusi berbagai kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR).

Salah satu program CSR perusahaan yang digelontorkan untuk masyarakat sekitar KIBA yaitu pengadaan sumur bor dan kelengkapannya.

Menurut Community Development HBIP, Andi Dwi Fitra Kusuma, saat ini sudah ada lima titik sumur bor yang tersebar pada tiga dusun sekitaran KIBA.

“Sejauh ini kita sudah membuat sebanyak lima sumur bor. Itu tersebar di Dusun Mawang dan Dusun Ballatinggia di Desa Papanloe, serta dusun Ballaborong di Desa Borongloe. Salah satu program CSR perusahaan itu sudah berjalan sejak Maret 2020 sampai sekarang,” kata Andi Dewi Sabtu 02 September 2023.

Ia menyebut, program ini menyasar seluruh pemukiman yang ada di sana. Satu titik sumur bor, bisa mengcover kurang lebih 20 rumah warga.

“Bahkan ada satu titik yang mengcover satu dusun yakni Ballatinggia,” ujarnya.

Tidak sampai disitu saja, rencananya program CSR perusahaan satu ini akan dilakukan penambahan satu titik.

“Ada (penambahan) di Dusun Kayuloe Desa Papanloe,” kata dia.

Dwi menjelaskan, program ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Selain itu, program-program CSR perusahaan juga bersifat berkelanjutan.

“Program itu sifatnya Sustainable (berkelanjutan). Kita buat sarana dan prasarana sepaket (sumur bor), mulai dari sumurnya, tower dan tandon air, instalasi perpipaan, mesin pompa, sampai meteran listrik, semua ada. Untuk token listrik itu kita tanggung setiap bulan,” jelasnya.

“Jadi betul-betul warga pakai air saja,” tambahnya.

Meski begitu, ia tak menampik adanya persoalan yang kerap dilaporkan warga ke HBIP, seperti kurang derasnya aliran air. Namun untuk hal seperti ini, ia juga meminta adanya kesadaran masyarakat.

Musabab persoalan ini lantaran adanya pihak-pihak yang tak bertanggung jawab mengubah instalasi perpipaan. Ada beberapa oknum memakai air diluar kebutuhan rumah tangga.

Namun HBIP sebagai pihak yang dipercaya tenant-tenant di KIBA dalam hal mengurusi kegiatan eksternal perusahaan, tetap melakukan upaya maksimal atas berbagai keluhan-keluhan dari masyarakat.

Dwi mencontohkan, di salah satu titik sumur bor tersebut pernah mengalami kerusakan mesin pemompa air.

Setelah melalui prosedur yang ada, perbaikan atau pun penggantian mesin pompa air dilakukan.

“Terkait prasarana jika ada kerusakan dilaporkan ke HBIP dan nanti kami pasti beri tindak lanjut. Misal beberapa bulan lalu ada pompa rusak ya diperbaiki, kalau tidak bisa ya langsung diganti. Namun semuanya melewati prosedur,” katanya.

Sejauh ini, kata dia, warga tetap komunikatif terhadap pihaknya jika terjadi kendala di lapangan.

“Alhamdulillah hingga saat ini semua berjalan lancar,” jelas dia.

Sekedar informasi, CSR perusahaan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan di dunia industri sebagai bentuk tanggung jawab atas hal dan aktivitas yang dilakukan kepada lingkungan sekitar.

Lingkungan yang dimaksud, mulai dari karyawan, pelanggan, pemilik saham, pemerintah, hingga masyarakat umum.

CSR ini dapat dilaksanakan dalam bentuk program yang memiliki manfaat secara umum. Seperti penerapan CSR di bidang infrastruktur, HBIP menggelontorkan program sumur bor ini untuk kepentingan masyarakat umum di sekitar KIBA. []

  • Bagikan