Bantaeng, PO.id — Kepala Desa Bonto Maccini, Kecamatan Sinoa, Kabupaten Bantaeng, H. Ramli, menegaskan komitmennya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan pendekatan kepemimpinan yang bijak, humanis, dan responsif, H. Ramli terus mendorong seluruh perangkat desa untuk menjadikan pelayanan sebagai prioritas utama.
Kantor desa bukan hanya tempat administrasi, tapi juga tempat warga menemukan solusi atas masalah mereka. Pelayanan yang cepat, tepat, dan ramah adalah bentuk tanggung jawab kita sebagai pelayan masyarakat,” ujar H. Ramli.
Sikap sigap H. Ramli dalam merespons keluhan warga menjadikannya sosok yang dekat dan dipercaya masyarakat. Baik persoalan administratif, sosial, hingga aduan terkait kebutuhan dasar, ditangani dengan pendekatan terbuka dan dialog yang sehat.


Di bawah kepemimpinannya, Desa Bonto Maccini terus berbenah. Berbagai inovasi pelayanan mulai diterapkan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik. Mulai dari sistem antrean yang tertib, transparansi informasi desa, hingga penguatan layanan berbasis digital untuk urusan administrasi dan pendataan warga.
“Pelayanan prima bukan hanya soal kecepatan, tapi tentang empati. Kami ingin masyarakat merasa dihargai dan dilayani dengan baik,” tegasnya Ahad 15 Juni 2025.
Langkah-langkah yang dilakukan H. Ramli mendapat apresiasi dari masyarakat, terutama karena mampu menghadirkan suasana birokrasi desa yang lebih bersahabat dan solutif. Tidak sedikit warga yang menyebutnya sebagai sosok pemimpin yang “tidak hanya duduk di balik meja, tapi hadir di tengah-tengah warganya.” ucap Kades 3 periode itu.
Dengan fondasi pelayanan prima dan pendekatan kepemimpinan yang merakyat, Desa Bonto Maccini diharapkan menjadi contoh tata kelola pemerintahan desa yang efektif dan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.
(Aby)